Apple Kembangkan Kacamata AR Apple Glass untuk Masa Depan

0 0
Read Time:2 Minute, 48 Second

Apple kembangkan kacamata AR Apple Glass yang digadang-gadang sebagai kompetitor dari Google Glass. AR sendiri adalah teknologi yang memberi gambaran lingkungan nyata dalam penggunaan alat digital 2D atau 3D.

Smartphone adalah teknologi yang paling banyak memakai AR, dan kini Apple memperkenalkan AR dalam bentuk kacamata AR Apple Glass.

Bagaimana Apple Kembangkan Kacamata AR Apple Glass?

Google pada tahun 2012 mengumumkan perihal Project Glass sebelum akhirnya meluncurkan teknologi bernama Google Glass. Teknologi ini sama seperti ketika kita memakai smartphone, hanya saja Google Glass tidak perlu kita pegang selama menggunakannya. Apple menyiapkan teknologi yang hampir sama dengan Google Glass, namun dengan fitur-fitur lebih canggih.

Google Glass tergolong kurang diminati oleh konsumen sehingga dianggap flop setelah peluncurannya. Harga yang dibanderol terlalu tinggi menjadi kekurangan dari Google Glass, termasuk tingkat kerumitan tinggi pada pemuatan komponen.

Namun, kacamata AR Apple Glass lebih banyak dinanti karena banyak orang menganggap teknologi ini adalah penerus iPhone.

Kelebihan Kacamata AR Apple Glass

  • Bisa Disinkronkan dengan iPhone

Belum diketahui apakah Apple bakal meluncurkan kacamata AR Apple Glass dengan kemampuan untuk bisa disinkronkan dengan iPhone. Bila harapan ini terwujud, maka pengguna iPhone dapat menggunakan kacamata AR Apple Glass.

Bila keduanya sinkron, pengguna bisa menampilkan permainan, email, pesan, hingga peta di atas bidang penglihatan secara otomatis.

  • Aplikasi Pihak Ketiga

Kacamata AR Apple Glass dan fungsinya diharapkan dapat membawa informasi dari ponsel ke wajah secara lengkap. Salah satunya, Apple juga berencana menciptakan aplikasi yang memudahkan pengguna menikmati tontonan dari platform. Pertimbangan membuat toko aplikasi khusus semacam Apple Watch dan Apple TV itu nyata.

  • Membantu Pengguna dengan Penglihatan Buruk

Penggunaan teknologi kacamata AR Apple Glass pada dasarnya mirip dengan saat kita memakai smartphone. Hanya saja yang membedakannya dari smartphone adalah bahwa semua data dan informasi ada di depan mata kita. Kabar baiknya lagi, Apple merancang Apple Glass untuk orang-orang yang bahkan memiliki masalah penglihatan buruk.

Kacamata pintar ini bisa membantu penglihatan penggunanya yang buruk bahkan tanpa memerlukan lensa resep. Ada sistem otomatis pada kacamata untuk menyesuaikan langsung dengan tingkat kemampuan penglihatan pengguna. Gambar pun akan terpancar langsung ke mata tanpa perubahan resolusi gambar menjadi lebih kabur dan buram ketika pengguna melihatnya.

  • Fitur Mirip Street View Google

Apple juga tidak tanggung-tanggung, pertimbangan menambahkan fitur agar pengguna bisa melihat belahan dunia mana pun juga menjadi keunggulan. Dengan menggunakan kacamata alih-alih smartphone, Anda akan merasa sedang berada di tempat lain tersebut secara nyata. Ketika memakai fitur ini, Anda akan diajak seolah berteleportasi ke tempat-tempat berbeda.

  • AR Spaces, ARki, dan AR Quick Look

Apple menyediakan 3 fitur lainnya, seperti AR spaces, pemberi efek nyaman sehingga pengguna dapat terhanyut dalam dunia nyata versi digital.

ARki adalah fitur yang memperlihatkan gambar-gambar dalam bentuk 3D ketika Anda memakai kacamata ini. AR Quick Look adalah fitur yang membantu Anda menemukan dan membuka aplikasi penting tertentu secara cepat.

  • Fitur-fitur Lain

Ada pula fitur untuk mengubah latar belakang seperti ketika kita menggunakan Zoom, dan penggunaan dengan kacamata AR Apple tidak ribet. Pengguna kacamata pintar ini juga bisa melacak gerakan jari dan tangan dengan akurasi tinggi.

Selain itu, ada juga sensor kedalaman untuk pandangan lebih baik terhadap sekeliling serta membantu melihat dalam gelap.

Sepertinya Apple kembangkan kacamata AR Apple Glass dengan pertimbangan-pertimbangan mendetail mengenai fitur-fitur dan fungsi keseluruhannya. Hingga kini belum ada pengumuman resmi tentang kapan kacamata ini diluncurkan dan spesifikasi detail produk. Namun, diperkirakan tahun 2026 atau 2027 kita akan melihat produk ini.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %